Kelanalana's Blog

Beranda » 2014 » Mei » 26

Daily Archives: 26 Mei 2014

Melihat lukisan teman gue

Melukis sesuatu yang indah butuh waktu dan kosentrasi. Gue seminggu yang lalu ke rumah teman gue, Aseng di Jl.Lorong Kamboja, Jambi. Saat gue ke rumahnya, Ia sedang melukis Ikan mas Koki di dalam ruangan yang kerap kali dia gunakan untuk melukis. Saat itu gue diam-diam masuk melihatnya melukis dan langsung mengambil foto nya Aseng,he..he…he….

Rencana gue sich memang mau gue gunakan buat ngeblog di sini”saat  gue foto dia masih aja tetap kosentrasi pada lukisannya, lalu gue masuk dan di sapanya dengan ramah dan Aseng pun menuju dapur membuat 2 gelas kopi, satu untukku dan satu lagi untuknya. Saat kopi sudah disediakan Aseng tak melanjutkan lukisannya dan menemani gue mengobrol. Terpikir langsung oleh gue untuk berdialog dengannya.

20140524_114442Aseng sedang melukis ikan mas koki

Gue     :”Keh,kebiasaan gue selama ini Panggil Akeh, nama sebenarnya Aseng. Kapan sich Akeh lahir..?

Akeh:”Tahun 1963.”

Gue     :”Bisa melukis seperti ini emang dulu nya pernah bekerja di mana keh.? dan sejak tahun berapa?”

Akeh   :”Dulu kerja di foster film Jakarta Selatan Tahun 1985.”

Gue     :”Wah,hebat kamu Keh bisa melukis seperti ini. Siapa sich yang ngajarin?”

Akeh   :”Saat saya bekerja langsung belajar di sana, lalu ditempat saya tinggal di Jakarta kalau ngak ada kerjaan sambil belajar melukis, kadang kalau libur keluar jalan melihat-lihat batu akik. Intinya sering melihat-lihat lalu nanti terinspirasi untuk melukis, awal melukis pakai secarik kertas dan pensil. he..he…he…itu pun saya lukis di kertas banyak yang hancur istilah keren nya belepotan.”

gue   :”Berarti kalau mau bisa melukis harus rajin-rajin melukis, ya gak keh..! kenapa gak dilanjutin melukis, gak apa kok ditinggal sendiri sambil melihat loe melukis keh.”

akeh :”ia, banyak melukis juga banyak membaca agar banyak pengetahuan mengenai melukis. Melukis butuh ketenangan supaya bisa mengekpresikan hati agar mendapat hasil yang bagus.”

20140524_120517

kuas dan cat air yang digunakan aseng untuk melukis

Udah gue berbincang sama Aseng, lalu gue berdiri  jepret-jepret hasil lukisan nya satu persatu. Melukis butuh beberapa bahan dan alat-alat lukis seperti cat air, cat minyak, kain kanvas, kuas, bahan nya bisa dibeli di pasar dan toko buku gramedia.

kalau alat lukis nya sudah lengkap kita tinggal kombinasi kan warna cat dengan gambar yang kita ingin lukis. Sesuaikan warna gambar agar lukisan tersebut bisa kelihatan serasi dan indah dipandang,”ungkap Aseng.

20140524_114852Lukisan Sepasang Ayam

20140524_114908seorang wanita sedang menimbang buah jeruk

20140524_114925Gadis Bali sedang menari

20140524_114955Lukisan batu mirip manusia yang sedang duduk

20140524_115018meja dan kursi hasil kreatifitas Aseng

20140524_115114-1Lukisan Kuda